Perangkat Desa Muara Merang Melaksanakan Rapat Bahas BLT Dana Desa Anggaran 2021.

Iklan

MUBA, TARGETKASUS.COM – Bertempat di kantor desa muara merang kecamatan bayung lencir kabupaten Musi Banyuasin, perangkat desa muara merang mengadakan rapat pembahasan BLT DD. anggatan Tahun 2021, yang di ketuai oleh BPD desa muara merang beserta Ketua RT.dan masyarakat desa muara merang. Senin,(22-02-2021).

.”Dalam hasil rapat tersebut pemerinta  desa ,yang diwakili oleh kadus dusun 1, bakun desa muara merang,untuk tahun 2021,dalam rapat itu sampaikan agar penerima masih seperti tahun 2020 yang lalu. yaitu,185 KK,untuk sebanyak RT yang ada di desa muara merang,jadi tiap RT hanya bisa menyeleksi warga nya hanya 8 (delapan)kk saja,namun ini yang jadi pembahasan karena menurut RT RM dari tebing merana warga nya berjumlah sebanyak 98 kk. yang termasuk kk muara merang,sementara yang dapat hanya 8 kk,tiap RT ,ini yang sangat membingungkan untuk mendata nya,ujar ketua RT tebing merana tersebut.

Sementara dari dusun 1(satu)bakung,desa muara merang ada yang hadir RT 02 RT 03 dan RT 03. dan ketua RT  lain nya,menurut mereka ini sangat membingungkan untuk mendata,karna menghadapi masyarakat yang banyak dan tentu berbeda pula pemikiran nya,namun untuk ketua RT, Rozi telah memegang data untuk 8 orang  warga nya,di sinila yang menimbulkan  pertanyaan dari masyarakat masalah aturan ini namun wakil dari pemerintahan desa telah menjelaskan aturan ini bukan desa yang membuat kata nya dan aturan ini meraka dapatkan dari kecamatan,kata MS selaku kaur keuangan desa muara merang.

Namun kalau dilihat peraturan  menteri keuangan peraturan menteri keuangan tentang pengelolaan dana desa(dd) tahun anggaran 2021,no 222/pmk,07/2020 desa di wajib kan kembali menganggarkan blt dana desa, terhitung dari bulan januari sampai desember dengan besaran Rp300,000(tiga ratus ribu) perkeluarga penerima manfaat(kpm) sesuai dengan fasal,39 peraturan menteri keuangan(pmk),ada pun mekanisme tata cara penyaluran nya pun sudah di tentukan dalam pmk tersebut, di mana kpm menerima  blt dana desa,2020 dengan mempertimbangkan hasil pemuktahiran atau validasi data Rpm 2020 berdasar kan beberapa hal sebagai berikut,1 Kpm meninggal dunia,2Kpm pindah domisili,3Kpm merupakan penerima jaring pengaman sosial(jps),seperti pkh,bpnt,bst,pusat dan kabupaten sesuai ketentuan yang berlaku.4,DLL, sesuai ketentuan yang berlaku.

Bila mana terjadi hal hal seperti tersebut di atas maka pemerintah desa dapat melakukan perubahan data,kpm,blt,dd bst, dengan data yang baru, dan bisa di ganti kan penerima nya,tapi kalau untuk tahun 2020 seperti yang terjadi di desa muara merang pembagian blt tiap tiga bulan daganti penerima nya denan penerima yang baru di gilir tiap tiga bulan begitulah seterus nya sampai akhir 2020,tapi kalau mencermati peraturan yang telah di terbit kan menteri sangat lah bertolak belakang.

Rilis : Erwin
Editor : Anang Badri

Anang Badri

." JERNIH MELIHAT." CERMAT MENCATAT."

Mungkin Anda Menyukai