Bedah Buku CSIS,Kontribusi TNI Selain OMP Juga OMSP Yang Sigap Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Aceh Tamiang – TargetKasus.com

Dalam rangka HUT TNI (Tentara Nasional Indonesia) ke 75, Wamenhan (Wakil Menteri Pertahanan) hadiri acara secara virtual Peluncuran dan Bedah Buku “75 Tahun TNI; Evolusi Ekonomi Pertahanan, Operasi dan Organisasi Militer Indonesia 1945-2020”, di Ruang Kerja, Senin 02/11/20.

Buku tersebut disusun oleh CSIS (Centre for Strategic and Studies) kata Wamenhan, Sakti Wahyu Trenggono kepada awak media ini, Selasa (03/11/20), adalah lembaga nirlaba yang banyak mengkaji isu-isu strategis di bidang politik, ekonomi dan keamanan.

Menurut Wamenhan, buku tersebut mengkisahkan perjalanan panjang TNI sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini menunjukkan bahwa TNI adalah pilar utama bangsa yang menjaga kedaulatan negara, integritas teritorial dan keselamatan segenap bangsa indonesia.

“Kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui OMP (Operasi Militer untuk Perang) namun juga OMSP (operasi Militer Selain Perang), via OMSP diantaranya TNI dengan sigap membantu rakyat yang tertimpa bencana alam dan pemberian bantuan kemanusiaan termasuk dalam menghadapi pandemi covid-19 saat ini,” ujar Wamenhan.

Presiden RI, kata Wamenhan telah menaruh harapan yang besar dan selalu mendukung terhadap transformasi penguatan TNI berupa Organisasi, Tekhnologi dan Personel TNI yang kokoh. Transformasi ini harus dipersiapkan baik dalam menghadapi tugas-tugas OMP maupun OMSP yang harus terus dilakukan sesuai dengan dinamika lingkungan strategis, ancaman dan perkembangan tekhnologi militer.

Harapan Wamenhan atas buku tersebut dapat menghadirkan persfektif baru dalam referensi dan literatur mengenai studi militer indonesia (TNI). Selain itu kehadiran buku yang menyuguhkan kajian akademik ini akan berpengaruh pada karya-karya ilmiah selanjutnya.

Peluncuran buku yang dilaksanakan secara virtual tersebut dihadiri Letjen TNI Muhammad Herindra (Ka. Staf Umum TNI), Mr. Philips J. Vermonte (Dir. Eksekutif CSIS/Tim Penulis), Evan A. Laksamana, Iis Gindarsih, Curie Maharani (Tim Pembahas Buku), Laksdya TNI Amarulla Octavian (Rektor Unhan), Meutya Viada Hafid (Ketua Komisi 1 DPR-RI), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Panglima TNI), Jendral TNI (Purn) Agum Gumelar (Ketua PEPABRI) dan Andi Widjajanto (Analis Pertahanan Indonesia.
Laporan/Rilis ; Rico Fahrizal
Editor : Anang Bandri

Anang Badri

." JERNIH MELIHAT." CERMAT MENCATAT."

Mungkin Anda Menyukai