Terkait Surat Edaran Minimalkan Kerumunan Massa,Unsur Forkompinda dan Camat SE-Aceh Tamiang Berikan Saran.

Iklan

Aceh Tamiang – Target Kasus.com

Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita, pada Rapat Satgas Covid-19 Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (26/10/20) mengatakan dua hal yang dibahas pada hari ini sama pentingnya, kedua-duanya juga sangat berpotensi menyebarkan Covid-19.

“Namun dalam forum ini yang perlu dibahas ialah teknis dalam melakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat dalam sosialisasi Protokol Kesehatan pada dua tempat yang dimaksud. Kalau kita bisa melaksanakannya, sedikit banyaknya kita bisa mengurangi kemungkinan virus ini”, tutur Dandim.

Selain itu Dandim Yusuf juga mengingatkan bahwa dalam minggu ini Operasi Yustisi bisa difokuskan pada areal wisata yang ada di Aceh Tamiang karena akan terjadi pembludakan kerumunan orang karena libur panjang.

Sementara itu, Kapolres Aceh Tamiang yang diwakili A. Yani menyampaikan bahwa pihak Kepolisian tidak pernah mengeluarkan izin untuk memperbolehkan pesta.

“Namun jika ada masyarakat yang hendak melaksanakan hajatannya, dari pihak Kepolisian hanya bisa menekankan agar pelaksanaan hajatan tersebut dilakukan sesuai Protokol Kesehatan yang dianjurkan,” sebutnya.

Kemudian Ketua MPU Aceh Tamiang Syahrizal, MA, yang diminta tanggapannya oleh Bupati Mursil pada rapat tersebut mengatakan bahwa Ia sangat mendukung apa yang sudah menjadi kebijakan dari Pemerintah Daerah.

“Tentunya jika dalam sosialisasi yang dilaksanakan, secara bersama dalam kesepakatan dilakukan secara bertahap dan jangan frontal. Kita bisa sosialisasikan Pelaksanaan Protokol Kesehatan tidak hanya di Masjid saja tapi ditempat-tempat lainnya, biar ada keseimbangan” , terang Syahrizal.

Usai meminta tanggapan dari Forkopimda, Bupati Mursil memberikan kesempatan kepada para Camat untuk menyampaikan langkah dan tindakan yang bisa dilakukan guna meminimalisir penularan Covid-19.

Kesimpulannya, seluruh Camat menyepakati untuk memberhentikan sementara pelaksanaan Hajatan Pesta selama kondisi Aceh Tamiang dalam kondisi zona merah.

Mengakhiri rapat, Bupati merincikan langkah yang dilakukan yaitu, menyiapkan surat edaran yang merujuk pada Inpres, Pergub dan Perbup tentang Pelaksanaan Protokol Kesehatan.

“Tentang pemberhentian sementara pelaksanaan Pesta Hajatan selama kondisi Tamiang dalam zona merah, menyiapkan surat edaran tentang Protokol Kesehatan di Masjid dan surat edaran kepada pemilik kafe dan warung makan agar melaksanakan Protokol Kesehatan,” pungkas Mursil.
Laporan : Rico Fahrizal
Editor : Anang Bandri

Anang Badri

." JERNIH MELIHAT." CERMAT MENCATAT."

Mungkin Anda Menyukai