Akses Jalan Menuju ke Kampung Suka Mulia Upah Banda Mulia Aceh Tamiang Cukup Memprihatinkan Warga Mengeluh.”

Iklan

Aceh Tamiang – Target Kasus

Jalan menuju Dusun Antara Kampung Suka Mulia Upah Kecamatan Banda Mulia, Kabupaten Aceh Tamiang dalam kondisi memprihatinkan. Sebab, jalan dalam kondisi rusak berat serta hewan ternak berkeliaran pada akses keluar masuk kampung tersebut.

“Jalan sangat rusak banyak lobang-lobang kecil dan besar kalau hujan lobang digenangi air,” ujar Ali salah seorang warga kepada awak media ini, Kamis (15/10/2020).

Warga setempat berharap jalan utama yang menghubungkan beberapa kampung dalam wilayah Banda Mulia itu segera diperbaiki, karena jalan tersebut merupakan satu-satunya akses keluar masuk menuju Kecamatan Karang Baru, Rantau, Bendahara dan Manyak Payed.

Warga kelukan kondisi jalan saat ini

“Akses jalan masuk Kampung Suka Mulia Upah ini juga sering dilalui oleh Anggota Dewan Ibu Ngatiyem, S.Pd dari Fraksi partai Aceh Kab. Aceh Tamiang, namun nggak ada perhatiannya,” ujar Ali singkat.

Berdasarkan hasil penelusuran awak media ini jalan utama akses keluar masuk warga Kampung Suka Mulia Upah yang menghubungkan ke beberapa desa itu dibangun pada tahun 2009 silam.

“Hampir 11 tahun jalan tersebut digunakan dan tanpa ada perawatan sehingga wajar saja jika kondisinya saat ini berlobang-lobang, selain itu dari issue yang beredar pihak perusahaan perkebunan PT Mopoli Raya mengklaim jalan tersebut adalah Asset dari perusahaan tersebut,” ujarnya.

Menurut Ali, Seharusnya Pemda Aceh Tamiang bisa mengambil alih kepemilikan lahan HGU (Hak Guna Usaha) PT Mopoli Raya jika jalan tersebut masuk dalam HGU nya, karena jalan tersebut sangat bermanfaat untuk orang banyak khususnya warga Kampung Suka Mulia Upah dan beberapa kampung lainnya di Banda Mulia.

“Tolong bagikan di media sosial karena tidak ada penanganan apapun dari pihak Kampung Suka Mulia Upah, Kecamatan Banda Mulia atau Pemerintah Daerah Aceh Tamiang,” katanya.

Selain itu kata Ali, setiap pagi hari sekitar pukul 07.00 Wib hewan ternak sapi milik warga dilepas dari kandang menuju ke jalan sehingga jalan menjadi macet dan banyak aktivitas warga yang terganggu, begitu juga pada sore hari sekitar pukul 17.00 Wib.

“Hewan ternak tersebut keluar dan masuk kandang itu memadati jalan masuk Kampung Suka Mulia Upah, bahkan pernah terjadi kecelakaan akibat hewan ternak bertabrakan dengan pengendara sepeda motor, sudah banyak korbannya namun pemilik ternak tidak bertanggungjawab,” ujar Ali mengakhiri.

Laporan : Rico Fahrizal

Editor : Anang Bandri

Anang Badri

." JERNIH MELIHAT." CERMAT MENCATAT."

Mungkin Anda Menyukai